Setelah pertanyaan “pentingkah menulis karya ilmiah bagi mahasiswa?” terjawab dalam tulisan sebelumnya, mungkin akan muncul pertanyaan “apa sih alasan yang menjadikan menulis karya ilmiah itu penting?”.

Kenapa sih mahasiswa, bahkan dosen harus menulis karya ilmiah?

Semoga tulisan ini mampu sedikit menjawab pertanyaan tersebut.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi alasan kenapa menulis karya ilmiah itu penting. Diantaranya :

1. Agar mahasiswa mampu dan terbiasa membaca efektif

Gemar Membaca
Gemar Membaca

Minat baca di kalangan warga Indonesia masih tergolong rendah, termasuk mahasiswa. Seringkali kita merasa jenuh, malas, dan bosan saat membaca. Apalagi membaca teks yang lumayan panjang.

Padahal, membaca merupakan jendela ilmu yang terbuka lebar.

Membaca merupakan sebuah kemampuan dasar yang harus kita kuasai.

Dengan membuat karya ilmiah, mahasiswa akan terbiasa membaca efektif guna menemukan ide.

Kemampuan membaca dan menulis sangat membantu kita dalam berbagai permasalahan dan kondisi, termasuk salah satunya dalam menemukan intisari materi perkuliahan yang akan membantu pemahaman kita, sehingga dengan mudah materi tersebut kita terapkan.

Dengan pentingnya menulis karya ilmiah, diharapkan minat baca dapat meningkat dan membantu Indonesia terlepas dari masalah kebutaan huruf.

2. Menciptakan budaya menulis di kalangan mahasiswa

Mahasiswa Aktif Menulis
Mahasiswa Aktif Menulis

Selain membaca, minat menulis warga kita juga tergolong rendah. Sebagian orang menulis hanya untuk memenuhi kewajiban, dan sebagian lagi menulis agar mendapatkan uang. Sedangkan bagi yang merasa tidak berkepentingan, mereka menanggap menulis itu tak terlalu penting. Sehingga tak perlu dipelajari, apa lagi diprioritaskan.

Dengan menulis karya ilmiah, diharapkan mahasiswa memahami bahwasanya dunia tulis menulis itu penting. Kemampuan menulis —terutama bagi mahasiswa— menjadi salah satu indikator pencapaian mutu, atau menjadi ukuran kualitas sumber daya manusia.

Semakin banyak kita menulis, menunjukkan semakin berkualitasnya kita.

3. Membangun pola pikir sistematis

Pola Pikir Sistematis
Pola Pikir Sistematis

Seringkali kita sebagai mahasiswa hanya berpikir pendek sebagaimana yang terlihat oleh mata tanpa mempedulikan kebenarannya.

Untuk itu, menulis karya ilmiah akan sedikit demi sedikit mengubah mindset/pola pikir kita menjadi lebih sistematis. Menilai sesuatu tidak hanya dari apa yang tampak di depan mata, namun juga melihat sebab dan faktor yang melatar belakanginya. Bisa saja apa yang kita lihat berbeda dengan kenyataan yang ada, karenanya pola pikir ini harus ditanamkan dalam diri mahasiswa.

Pola pikir yang bagus dapat dipertanggungjawabkan secara sistematis dan mampu dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Diperlukan kerangka berpikir yang sistematis, dan melalui tahapan secara ilmiah.

Dengan pola pikir sistematis, persoalan dan tantangan dalam bidang ilmu pengetahuan yang bertambah seiring berkembangnya zaman akan lebih mudah dijawab.

4. Membiasakan mahasiswa menyampaikan pendapat /gagasan berdasarkan sumber

Mahasiswa Aktif Berpendapat
Mahasiswa Aktif Berpendapat

Dalam kehidupan sehari-hari, menulis karya ilmiah ikut berdampak pada bagaimana cara menyampaikan pendapat kepada orang lain dengan baik.

Tersusun dan pastinya sesuai dengan fakta dan realita, tidak hanya asbun (asal bunyi). Analitik, dan penjabarannya lebih mengena karena wawasannya akan semakin luas.

5. Agar mahasiswa mengenal dan akrab dengan dunia kepustakaan

Perpustakaan Masa Depan
Perpustakaan Masa Depan

Dengan karya ilmiah, mahasiswa akan lebih akrab dengan dunia kepustakaan. Dunia yang masih dianggap “rumit” dan hanya orang-orang dengan tingkat kecerdasan tinggi yang mampu mengenalnya.

Mahasiswa akan lebih dekat dan akrab dengan kegiatan baca tulis, mencari sumber, meneliti kasus, dan sebagainya. Dan tanpa disadari itu akan meluaskan pengetahuan dan wawasan yang ada. Menciptakan relasi dan kebiasaan baru yang lebih bermanfaat.

Dan penjelasan di atas hanyalah ‘sebagian kecil’ alasan kenapa menulis karya ilmiah itu penting, terutama bagi mahasiswa. Masih banyak alasan-alasan berbeda yang melatar belakangi pentingnya menulis karya ilmiah berdasarkan kebutuhan masing-masing.

-Rizka Lukmana-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *