Delegasi Universitas Darunnajah ikut andil bersama Persatuan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) mengunjungi Ketua Forum Dekan Tarbiyah dan Keguruan (Fordetak) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Senin, 04 Juli 2022.


Kegiatan tersebut digelar dalam rangka audiensi dan pembahasan sejumlah isu aktual serta strategis terkait Prodi MP/MPI se-Indonesia.

Enam point utama yang dibahas dalam forum tersebut adalah sebagai berikut:

• Regulasi pembukaan prodi MPI serta perbandingan jumlah alumni dengan formasi profesi MPI.
• Sosialisasi Prodi MPI ke beberapa instansi terkait peluang kerjasama dalam pengembangan profesi MPI.
• Edaran Direktur Pendidikan Agama Islam N0. B-2495/DJ.I/Dt.I.IV/ HM.01/08/2019 tentang Updating Data TPG dan Pendaftaran Sertifikasi yang dilampiri 28 prodi yang boleh mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) rumpun PAI, salah satunya prodi MPI.
• Pengumuman Calon ASN tahun 2019 yang menempatkan alumni MPI boleh mendaftar sebagai Calon ASN sebagai guru PAI, sedangkan formasi yang seharusnya bisa diisi oleh alumni MPI tapi diberikan pada alumni KPI.
• Membuka peluang ASN/Non-ASN formasi tenaga kependidikan di lingkungan lembaga pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama yang dapat diisi oleh alumni MPI.
• Regulasi yang membolehkan alumni MPI menjadi guru PAI dan PPG rumpun PAI, namun bermasalah saat pengajuan tunjangan sertifikasi guru yang berasal dari Prodi MPI saat dinyatakan lulus sebagai guru PAI.

Dari beberapa point tersebut yang disampaikan harapannya ada solusi dan jalan keluar untuk mahasiswa dan alumni MPI.

Setelah sambutan selesai disampaikan, acara dilanjutkan dengan sharing informasi dan tanya jawab. Terakhir acara ditutup dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *