Asesmen lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi.

Kegiatan Assesment Lapangan Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam STAI Darunnajah Bogor berlangsung dua hari yaitu sejak 09 – 10 Juni 2023 melalui Zoom Meet.

Assesment Lapangan ini dinilai oleh dua Asessor pilihan yaitu Dr. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag. dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel dan Prof. Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag. dari Institut Agama Islam Islam Negeri Tulangagung.

“Kami hadir mewakili BAN-PT untuk melakukan penilaian dan untuk mengethaui bagaimana penjaminan mutu yang ada di STAI Darunnajah Bogor. Semoga data yang disajikan sudah siap dan lengkap. Maka nanti kita akan adakan diskusi lebih detaill terutama dengan LPM (Lembaga Penjaminan Mutu).” Jelas Dr. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag. dalam sambutannya.

Dalam pelaksanaanya Prof. Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag. lebih intens mengarahkan kepada dokumen-dokumen penting untuk membuat laporan kelengkapan data.

Beberapa proses wawancara juga dilakukan mulai dari para dosen, tenaga kependidikan, stockholder, user maupun pengguna, untuk mengetahui seberapa jauh relevansi dokumen dengan bukti nyata dokumen.

Banyak pesan dan saran yang Assesor berikan terutama terkait review Visi dan Misi baik kampus maupun prodi. Sebab Visi dan Misi merupakan pijakan utama pergerakan kampus dalam melangkah kedepan.

Alhamdulillah beberapa cacatan tersebut telah pengelola dokumentasikan dan akan menjadi rujukan evaluasi kedepan. Harapannya melalui proses Assesment Lapangan ini STAI Darunnajah Bogor akan menjadi lebih baik, maju dan berkembang pesat.

Pesan yang dapat kita ambil dari proses Assesment Lapangan ini adalah “Sekuat apapun strategi marketing yang digunakan, jika sebuah lembaga tidak memperhatikan bahkan tidak mengutamakan kualitas dan mutu maka semuanya akan sia-sia”.

 

Assesment Lapangan Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam STAI Darunnajah Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *