Dalam kegiatan In House Training pada Jum’at, 07 Juli 2023 terlebih khusus dalam pembahasan yang disampaikan oleh Dr. Duna Izfanna, M.Ed., Psy., PhD. Terkait langkah-langkah pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).
Banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam penyusunan RPS agar tujuan atau capain pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Oleh karenanya berikut adalah langkah-langkah pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk dosen:
1. Tentukan Tujuan PembelajaranIdentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam mata kuliah tersebut. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatasan waktu.
2. Tentukan Kompetensi
Identifikasi kompetensi-kompetensi yang ingin dikembangkan oleh mahasiswa melalui mata kuliah tersebut. Kompetensi dapat berupa pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
3. Pilih Strategi Pembelajaran
Pilih strategi pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan kompetensi yang diinginkan. Misalnya, strategi ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, atau proyek.
4. Identifikasi Materi Pembelajaran
Tentukan materi-materi yang akan diajarkan dalam mata kuliah tersebut. Materi pembelajaran harus relevan dengan tujuan pembelajaran dan mencakup topik-topik yang sesuai.
5. Rencanakan Penilaian
Tentukan jenis penilaian yang akan digunakan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran. Misalnya, tes tulis, presentasi, tugas individu, atau proyek kelompok.
6. Rencanakan Bahan Bacaan
Pilih bahan bacaan yang relevan untuk mendukung pembelajaran. Bahan bacaan dapat berupa buku teks, jurnal ilmiah, artikel, atau sumber-sumber online lainnya.
7. Susun Rencana Pertemuan
Bagi materi pembelajaran ke dalam pertemuan-pertemuan yang direncanakan. Tetapkan topik, aktivitas pembelajaran, dan penilaian yang akan dilakukan dalam setiap pertemuan.
8. Sediakan Bahan Pendukung
Persiapkan bahan-bahan pendukung yang akan digunakan dalam pembelajaran, seperti slide presentasi, contoh kasus, atau materi tambahan lainnya.
9. Evaluasi dan Pembaruan
Setelah menjalankan rencana pembelajaran, lakukan evaluasi terhadap efektivitasnya. Identifikasi area yang perlu diperbaiki dan lakukan pembaruan pada RPS untuk semester berikutnya.
10. Catat dan Sosialisasikan
Simpan RPS dalam bentuk yang mudah diakses dan bagikan kepada mahasiswa dan pihak terkait lainnya yang membutuhkannya. Pastikan semua komponen RPS terdokumentasi dengan baik.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, seorang dosen dapat membuat RPS yang jelas, terstruktur, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kebutuhan mahasiswa.
“Dosen Bahasa Indonesia sebaiknya lebih berusaha untuk memperhatikan CPMK (Capain Pembelajaran Mata Kuliah). Lalu apa capaiannya? Tentu mahasiwa harus mampu membuat artikel menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar dan baku.” Tegas Bu Duna Izfanna dalam penyampaian materi.
(Admin/Fera Indriani, S.Pd.)