Mengenal Lebih Dalam Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Pengenalan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam atau yang sering kita sebut sebagai Prodi MPI disampaikan langsung oleh ustadz Arizqi Ihsan Pratama, M.Pd selaku Ketua STAI Darunnajah Bogor.

Seperti biasa, dengan gaya penyampaian yang begitu santai namun pasti, ia memulai pertemuan dengan memberikan reward kepada peserta yang hadir tepat waktu yaitu berupa buku hasil karyanya yang berjudul “Kau Tidak Tercipta Sia-sia”.

Ia menyampaikan bahwa “ini sebagai apresiasi saya kepada orang-orang yang disiplin, semoga kedepan antum antuna bisa lebih berdisiplin lagi dalam berkegiatan, sebab disiplin adalah salah satu kunci sukses dalam kehidupan”

Pendidikan itu bukan seberapa banyak kau menyandang gelar dibelakang atau di depan namamu, tapi tentang seberapa jauh kau mengenal Robbmu”. Tegas Ustadz Arizqi menambahkan.

Ia juga mengingatkan bahwa kita harus meluruskan niat, kuliah bukan untuk mencari gelar saja, tetapi mencari ridho Allah, kuliah dalam rangka ibadah, meningkatkan ketakwaan.

Selanjutnya adalah penyampaian materi inti pengenalan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

VISI Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yang unggul dan Islami pada tahun 2050

MISI Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keluasan ilmu dalam bidang manajemen pendidikan Islam, kematangan emosional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
  2. Mengembangkan ilmu manajemen pendidikan Islam melalui pengkajian dan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendidikan masyarakat melalui pengabdian alumni yang lebih profesional sesuai dengan tingkat perkembangan dan dinamika masyarakat

Program studi MPI mempelajari tentang perencanaa, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengawasan proses pendidikan serta infrastruktur lembaga pendidikan. Sama dengan program studi Manajemen Pendidikan, namun yang membedakannya dengan prodi Manajemen Pendidikan Islam adalah, di prodi ini manajemen pendidikan dikaji dengan mengacu pada nilai-nilai ke-Islaman yang berdasarkan Al Quran dan Hadist.

Selain itu, Manajemen Pendidikan Islam juga lebih berfokus dalam pengelolaan lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti madrasah, pesantren, perguruan tinggi Islam, dan yayasan pendidikan Islami.

Kenapa Memilih Prodi MPI?

Sebagai negara dengan penduduk yang mayoritas merupakan Muslim, lembaga pendidikan Islami mulai berkembang di Indonesia. Dewasa ini tidak sedikit pula orangtua yang memilih untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah-sekolah Islami untuk menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini pada anak. Untuk itu profesional dalam manajemen pendidikan Islami sangat dibutuhkan.

Lulusan Manajemen Pendidikan Islam tidak hanya dapat berkarir di lembaga pendidikan Islam, tapi juga di semua lembaga pendidikan, karena pada dasarnya tiap-tiap lembaga pendidikan membutuhkan manajemen yang baik dalam mengatur kesiswaan, tenaga pengajar, kurikulum, sarana-prasarana, hingga keuangan atau dana. Lembaga pendidikan Islam kini juga semakin banyak, tidak hanya negeri, tapi juga swasta, yang artinya peluang untuk bekerja semakin luas.

Lulus dari prodi ini, alumni dapat berkarir sebagai Kepala Sekolah, guru, tenaga administrasi pendidikan, analis sistem pendidikan, konsultan pendidikan, supervisor pendidikan, peneliti di bidang pendidikan dll.

Kemudian di akhir sesi ada dua mahasiswa yang memberikan pertanyaan. Diantaranya:

Bagaimana cara mengatasi rasa futur dalam belajar?

  1. Selalu luruskan dan teguhkan niat belajar hanya karena Allah. Sehingga Allah beri kita kekuatan
  2. cari teman yang baik yang soleh. Yang bisa memotivasi antum
  3. dzikrullah: karena termasuk tameng yang akan menjadi pelindung bagi kita dari godaan setan.
  4. Selalu berdoa kepada allah agar diberikan keteguhan hati
  5. Melakukan aktifitas yang antum sukai, olahraga mungkin, atau jalan-jalan agar fresh

Bagaimana agar kita selalu semangat dalam mengejar mimpi?

  1. Bangun motivasi yang kuat
  2. Kalahkan diri sendiri (hawa nafsu, ego dll yang membuat antum melenceng dalam mengejar mimpi)
  3. Fokus
  4. Banyak berlatih dan belajar
  5. Berdoa dan mendekatkan diri sama Allah

Kedua mahasiswa yang aktif bertanya pun segera diberikan hadiah buku terbaik oleh narasumber.

Sangat luar biasa, semoga keaktifan ini bisa terus tumbuh setiap harinya. 

 

Berikan Masukkan

Masukkan dari mahasiswa kreatif sangat ditunggu

Share this post with your friends

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
×

let's talk!