Mengenal Program Studi PGMI STAI Darunnajah Bogor

Sesi berikutnya yang tidak kalah seru adalah sesi pengenalan Prodi PGMI di STAI Darunnajah Bogor bersama Nailil Muna Shalihah, M.Si. selaku Ka. Prodi PGMI.

Nabila Zakiyatunnisa sebagai pemandu acara juga mampu mengajak para peserta PROPESA untuk aktif bertanya.

“Kenapa guru darunnajah diwajibkan kuliah? Karena harapan Pak Kiai, bukan hanya santri yang dididik, tetapi para pendidik santri juga tetap harus mendapatkan pendidikan” Tegas Ka. Prodi PGMI dalam kalimat pembukanya.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) merupakan salah satu jurusan di STAI Darunnajah Bogor yang selalu memiliki peminat setiap tahunnya.

“Bagaimana cara mengajar anak yang memiliki konflik?”

Salah satu pertanyaan peserta PROPESA dalam sesi tanya jawab.

Jawaban yang diberikan oleh nasarumber adalah sebagai berikut:

1. Harus dengan Pendekatan

Setiap guru Madrasah Ibtidaiyah harus mampu melakukan pendekatan kepada setiap murid yang ada. Pelajari latar belakang mereka dan kenali setiap karakter yang mereka miliki.

Pendekatan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, maka carilah dan gunakan cara yang tepat sesuai dengan karakter masing-masing murid.

2. Tidak Boleh Memaksa

Jika anak tidak mau, maka tidak perlu dipaksa. Arahkan sesuai dengan bakatnya. Liat kebiasaan mana yang ia sukai dan sering ia lakukan.

Karena seorang guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

3. No Judgment

Tidak boleh melebeli murid dengan kata bodoh dan nakal. Tanamkan bahwa dia mampu dan bisa bangkit.

Berikan dukungan secara utuh kepada setiap peserta didik yang ada. Lakukan yang terbaik untuk mereka.

Beberapa cara-cara tersebut akan dikupas tuntas saat perkuliahan nanti. Maka perlu adanya keseriusan dalam mengikuti perkuliahan. Terus galih potensi yang ada. Karena sukses itu bukan kamu lulusan apa tapi tentang kerja keras, do’a dan bagaimana kamu berhasil melawan rasa gengsi.

Demikian beberapa hal yang disampaikan pada kesempatan sesi tersebut.

Selamat dan suskes para mahasiswa baru STAI Darunnajah Bogor. Semoga kita semua bisa terus mendapatkan ilmu yang bermanfaat. (TIM Publikasi)

Berikan Masukkan

Masukkan dari mahasiswa kreatif sangat ditunggu

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
×

let's talk!